Breaking News

Tips Memilih Sepeda - Tranzline 600

Bulan November 2015 ini sudah memasuki musim penghujan, namun tidak mengurangi niatku untuk membeli sepeda yang sudah sejak beberapa minggu yang lalu udah ngebet banget pengen beli. Meskipun kata ibuk pengen itu tidak harus, tapi untuk hal yang satu ini sepertinya sulit untuk ditolak dan sebaiknya harus. :D
Sejak beberapa minggu yang lalu mulai sering browsing untuk tips memilih sepeda untuk pemula, sampai harga sepeda yang sesuai budget. Walahh tak disangka ternyata harga sepeda sangat beragam mulai dari 1jutaan sampai puluhan juta juga ada bahkan ratusan. Tidak menyurutkan niat awal, tetep browsing cari sepeda yang pas buat ane. Dengan tinggi hanya 155cm dan berat 50kg apaan ya sepeda yang pas? :D
Banyak sekali referensi website untuk memilih sepeda, ada beberapa referensi bagus si tapi maaf ane lupa link websitenya. Nanti kalau ketemu di update lagi disini.

Dari banyak website yang memberikan tips untuk membeli sepeda bagi pemula, berikut ini hanya sharing pengalaman pribadi aja ketika ane membeli sepeda November 2015 kemarin.
Dari website yang ane baca ada yang ada yang menyarankan untuk membeli sepeda bagi pemula dengan budget minimal 3jutaan. Waw, lumayan mahal untuk ukuran ane. Dari hasil penelusuran sana sini akhirnya berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :
  • Pikirkan dengan matang apakah sepeda yang akan dibeli nanti adalah kebutuhan atau hanya untuk hobi? Jika untuk hobi siapkan dana yang lebih.hehe 
Untuk hal ini ane anggap masuk kategori kebutuhan. Awalnya untuk transportassi sehari hari dari rumah ke kampus yang jaraknya kurang lebih 6km ane menggunakan motor dengan waktu tempuh 10menit. Toh setelah di kampus tidak ada kegiatan kemana mana sampai jam pulang, jadi mobilitas ya gitu gitu aja rumah - kampus - rumah. Atas dasar inilah ane mikir untuk menyederhanakan mode transportasi yang ane pake menjadi "Sepeda". :D Dan ternyata waktu tempuh tidak beda jauh dengan sepeda, hanya 20menitan. Maklum lah faktor jalan juga si, aspal semua dan hanya sedikit tanjakan. Olahraga juga pagi - sore. Itulah pertimbangan awal.
  • Siapkan dana minimal 3juta. Jika ada lebih maka lebih banyak pilihan sepeda yang bisa dibeli. Masalah dana adalah hal penting dimana kita harus disiplin untuk menentukannya. Karena bisa aja kita udah nentuin dana eh nanti pas udah beli jadi bengkak itu dana karena obsesi untuk melengkapi asesoris yang nempel di sepeda biar lebih keliatan kece.
  • Tentukan jenis dan type sepeda yang  akan kita beli. Untuk kebutuhan sehari hari yang hanya melewati jalanan aspal dengan sedikit tanjakan akhirnya ane memutuskan untuk memilih jenis XC. Setelah browsing sana sini dan nanya temen juga type yang ane pilih adalah PACIFIC Tranzline 600. Harga sepeda type ini lebih murah di pasaran karena buatan lokal dengan sparepart yang tidak kalah dengan merk yang lain
Spesifikasi detail dapat dilihat di website atau googling aja ya. Namun secara umum ane milih ini sepeda karena sudah dilengkapi dengan spesifikasi sbb :
  1. Rangka alloy. Sehingga sepeda lebih ringan meskipun masih lebih berat jika dibanding dengan type rangka carbon. 
  2. Gearset shimano. Seperti yang kita tahu untuk sparepart shimano sudah terbukti kehandalanannya.
  3. Konfigurasi gear 24 (depan 3 dan belakang 8). Konfigurasi ini sudah cukup untuk mengimbangi temen temen advanced yang menggunakan gear 27 (depan 3 dan belakang 9).
  4. Diameter roda 26. 
  5. Disk brake depan belakang. Sistem pengereman sudah mengadopsi cakram.
  6. Fork suspensi depan menggunakan Suntour, hard tail (tanpa suspensi belakang).
Sekilas itu yang membuat pilihan jatuh pada Tranzline 600.
  • Berangkat ke toko untuk membeli.
Dengan berbekal uang 3juta, akhirnya meneguhkan niat untuk membawa pulang sepeda idaman. Setelah nanya sana sini dengan pemilik toko akhrnya semakin mantap untuk mengambil Tranzline 600. Masalah harga dari toko memberikan 2.350k, waw ternyata tidak sesuai dengan referensi harga dari berbagai website sebelumnya dimana dihargai 2.250k. Tidak masalah karena sudah ngebet banget. Akhirnya dengan sedikit muka melas dapat menawar dengan sedikit diturunkan harga menjadi 2.300k + minta gratisan frame tempat minum.hehe :D.
Deal dengan harga 2.300k sudah termasuk biaya setting oleh toko. Akhirnya setelah beberapa saat menunggu dan sepeda sudah siap untuk dibawa pulang. Jangan lupa ya untuk cek ulang settingan toko, coba test untuk sepedanan sekitar toko. Jika ada setting yang belum sesuai bisa langsung disesuaikan oleh tokonya.
Masih ada sisa uang 700rb nih. Bisa digunakan untuk membeli perlengkapan standar sepeda.
  1. Helm. Merupakan asesoris yang harus dibeli terpisah, cukup yang biasa dapat dibeli dengan harga 150k
  2. Speedometer. Ane pilih merk Cateye 7 dengan harga 148k sudah include setting dan pemasangan
  3. Flash light (depan + belakang). Pilih flashlight yang biasa aja dengan harga 45k
  4. Bel. 25k
  5. Kunci gembok pengaman. Ane pilih merk polygon dengan type menggunakan kunci kombinasi agar tidak usah repot membawa kunci kemana mana. 45k 
  6. Spatbor (depan belakang). Ane memutuskan untuk beli part ini karena musim hujan. 35k
Total dana yang dikeluarkan untuk sepeda adalah 2.748k dan masih ada sisa dana 252k.
Dengan konfigurasi sepeda seperti ini akhirnya mulai besok perjalanan dimulai dengan bersepeda. Selama seminggu bersepeda, ane masih menemukan kekurangan untuk setting stang dan stem yang masih kurang nyaman karena panjang stem yang masih standar sehingga ketika digunakan masih terasa terlalu menunduk. Beban laptop yang ane bawa terasa berat di punggung. Seminggu kemudian akhirnya ane putuskan untuk upgrade stem yang lebih pendek dan stang yang lebih tinggi.
  1. Stem merk zoom oversize. 100k
  2. Stang united risebar. 100k
  3. Handgrip. 35k
  4. Ring stem. 5k
Subtotal dana untuk upgrade adalah 240k
Total dana yang kita gunakan sudah mencapai 2.988k. Cukup? Tentu saja sudah cukup untuk keperluan gowes rumah - kampus dan naik turun gunung muria.
Masih merasa kurang? Tahan gaes, semua yang diputuskan secara tergesa gesa tidak baik itung itung sambil menunggu budget yang lain.hehe

Berikutnya yang perlu dilengkapi adalah
  1. Jersey sepeda lengan panjang. Biar ga item banget
  2. Celana sepeda dilengkapi dengan padding
  3. Pompa portable
  4. Kunci L
Ane lokasi di kudus - jawa tengah. Jika ada acara gowes bareng atau touring atau kumpul kumpul, silahkan bisa info.
Berikut penampakannya :
Keluar dari box sebelum dirakit
Sebelum upgrade stem dan stang
Setelah upgrade stem dan stang
Semangat gowes, semangat lebih sehat.

No comments