Breaking News

Network - Konsep Dasar TCP/IP Layer Model

Internet model merupakan layer protokol pertama yang diciptakan pada awal tahun 1970 untuk berkomunikasi. Protokol ini mendefinisikan 4 fungsi yang harus ada agar komunikasi dapat terjadi. Nah, arsitektur protokol TCP/IP juga mengikuti struktur model ini. Jadi, Internet model biasa disebut juga sebagai TCP/IP Model.

Baca juga: Pengertian TCP/IP Layer Model

Dulu kebanyakan model protokol hanya mendeskripsikan protocol stack khusus dari sebuah vendor. Namun, semenjak munculnya TCP/IP model sebagai standar yang terbuka, membuat vendor tidak perlu mendefinisikannya lagi. Maksud dari standarisasi TCP/IP model adalah protokol ini didefinisikan dan diatur ke dalam sebuah dokumen. Dokumen inilah yang disebut Requests for Comments (RFCs). RFC ini berisi spesifikasi dan ketentuan resmi tentang protokol komunikasi data dan sumber daya yang mendeskripsikan penggunaan protokol tersebut.

RFC juga berisi dokumen teknis dan organisasi tentang Internet, termasuk spesifikasi teknis dan dokumen kebijakan yang diterbitkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

Proses Komunikasi TCP/IP Model

Konsep Dasar TCP/IP Layer Model

TCP/IP model menggambarkan fungsi protokol yang membentuk rangkaian Protokol TCP/IP Suite. Protokol ini sama-sama digunakan pada proses pengiriman dan penerimaan paket melalui jaringan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat komunikasi TCP/IP:

1. Pembentukan paket data pada application layer yang berasal dari perangkat end device.
2. Dilakukan segmentasi dan enkapsulasi paket data pada transport dan internet layer.
3. Terbentuk paket data baru dengan label (header) yang berisi informasi yang diperlukan untuk sampai ke tujuan pada network access layer.
4. Paket data dikirimkan melalui internetwork menggunakan media dan perangkat jaringan.
5. Paket data diterima lagi pada network access layer di tujuan akhir.
6. Dilakukan dekapsulasi dan reassembly paket data pada transport dan internet layer.
7. Paket data yang berisi pesan yang dikirimkan akan dibuka pada application layer kemudian akan ditampilkan pada perangkat tujuan/penerima.

Seperti itulah kira-kira mekanisme proses komunikasi data yang terjadi di dalam jaringan. Untuk lebih memahami perjalanan paket data itu sendiri, bisa lihat video dibawah ini:

Source : http://www.rianlab.com/2014/12/konsep-dasar-tcpip-layer-model.html

No comments